PENGARUH PROOFING DAN KONSENTRASI RAGI TERHADAP KUALITAS MUTU ROTI GORENG

  • Isnaini Indah Sari Mahasiswa Institut Pertanian Intan Yogyakarta
  • Henny Krissetiana Hendrasty Dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian (Intan) Yogyakarta
  • Rahayu Dyah Astuti
Keywords: Fried Bread, Proofing, Yeast, Organoleptic, Roti Goreng, Ragi, Organoleptik

Abstract

Roti goreng merupakan produk roti yang tidak menggunakan mixer dan oven terbuat dari adonan roti yang kemudian di fermentasi dengan ragi agar bisa mengembang dan digoreng dalam minyak panas. Ragi yang digunakan dalam pembuatan roti goreng yaitu Saccharomyces cereviciae. Dari beberapa tahapan pembuatan roti goreng, proofing menjadi salah satu tahapan yang sangat menentukan kualitas mutu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara waktu proofing dan konsentrasi ragi yang tepat dalam pembuatan roti goreng. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi ragi, dengan konsentrasi ragi (0,3%, 0,6% dan 0,9%). Faktor kedua adalah lama waktu proofing (60 menit, 90 menit, dan 120 menit). Produk selanjutnya dianalisa daya kembang, kimia dan organoleptik.

Hasil dari penelitian pada roti goreng menghasilkan perlakuan dengan konsentrasi ragi 0,6% dan lama proofing 90 menit adalah perlakuan yang paling tepat untuk pembuatan roti goreng. Daya kembang adonan tertinggi 3,4% pada konsentrasi ragi 0,9% dan lama proofing 120 menit. Daya kembang roti tertinggi 0,47% pada konsentrasi ragi 0,6% dan lama proofing 120 menit. Dan kadar air tertinggi dengan nilai 25,5358% didapat pada konsentrasi ragi 0,3% dan lama proofing 120 menit. Adanya interaksi antara konsentrasi ragi dan lama proofing terhadap daya kembang roti dan kadar air. Dalam pengujian organoleptik roti goreng pada atribut warna, rasa, aroma, tekstur dan kenampakan keseluruhan disukai oleh panelis.

References

Adiluhung,Westra S. Aji Sutrisno. 2018. Pengaruh Konsentrasi Glukomanan dan Waktu Proofing Terhadap Karakteristik Tekstur dan Organoleptik Roti Tawar Beras (Oryza sativa) Bebas Gluten. Malang: Universitas Brawijaya. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol.6 No.4: 26-37
Anonim. 1995. SNI Roti. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Menteri Kesehatan RI.
. 2018. Nilai Kandungan Gizi Tepung Terigu. Jakarta: Nilaigizi.com
Chauliyah, Afidah N. 2015. Analisis Kandungan Gizi dan Aktivitas Antioksidan Es Krim Nanas Madu. Semarang:Universitas Diponegoro
Handoko, & Bagus, H. 2009. Peta 50 Tempat Jajanan & Oleh-oleh Khas di Malang.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hardiyanti, F.P., Hintono,A., Pratama, Y. 2019. Kadar Air, Daya Kembang, Porositas Rotu, dan Organoleptik Roti Manis dengan Konsentrasi Pengemulsi Diacetyl Tartaric Acid Ester of Monoglycerie (DATEM). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang
Hendrasty, Henny.K. 2008. Uji Inderawi. Yogyakarta: Institut Pertanian INTAN Yogyakarta




Istianah, N., Fitriadinda, H., & Murtini, E. S. 2019. Perancangan Pabrik Untuk Industri Pangan. Malang: UB Press.
Junilgard, M. 2006. Sensory Evaluation Techniques Fourth Edition. Boca Raton: CRC Press
Koswara, S. 2009. Seri Teknologi Pangan Populer (Teori dan Praktek): Teknologi Pengolahan Roti. Jakarta: Unimus
Krissetiana , H., Kiswanto , Y., & Suyanto, R. 2020. Perlakuan Proofing Terhadap Sifat Sensoris Roti Mocaf. Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian INTAN Yogyakarta.
Rahmah, A., Hamzah, F., Rahmayuni. 2017. Penggunaan Tepung Komposit dari Terigu, Pati Sagu dan Tepung Jagung dalam Pembuatan Roti Tawar. Jurnal Fakultas Pertanian 4(1): 1-14
Sitepu, & Muli, K. 2019. Penentuan Konsentrasi Ragi Pada Pembuatan Roti. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin.
Wahyudi, V. A., Anjarsari, S. A., & Wachid, M. 2022. Kajian Efektivitas Temperatur
Dan Waktu Proofing (Saccharomyces cereviciae) Terhadap Sifat Fisikokimia, Mikrobiologi, Dan Organoleptik Roti Manis. Jurnal Fakultas Pertanian- Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang.
Winarno, F.G. 2008. Kimia Pangan dan Gizi Edisi Terbaru. Bogor: Brio Press
Published
2024-01-31